Kejutan!

Redaksi Epigraf diliputi kejutan demi kejutan. Dalam beberapa hari dan minggu terakhir, progres kerja sungguh tak terduga.

Kejutan pertama datang ketika kami hendak membuat CV (Commanditaire Vennootschap atau Persekutuan Komanditer). Bagaimanapun Epigraf harus berbadan usaha. Kediaman notaris yang terletak hanya beberapa rumah dari kantor redaksi, sekonyong-konyong menggratiskan biaya pembuatan akta pendirian.

Free!” katanya pasti.
“Tapi,”
“Sudah. Pokoknya gratis! Anggap saja kado.”

Olala! Bahkan beliau hendak membantu mendaftarkan akta pendirian ke berbagai instansi hingga CV betul-betul resmi. Sungguh, ini betul-betul di luar dugaan (alhasil, ketika kami harus membuat stempel untuk keperluan administrasi, harga sebuah tera yang Rp 90.000 jelas jauh lebih mahal ketimbang biaya berlembar-lembar akta pendirian CV!). Rasanya, awal langkah kami seolah mendapat angin semangat yang berlipat-lipat.

Kejutan kedua, kami bertemu dengan orang-orang keren! Naskah-naskah di redaksi Epigraf ditangani oleh editor bertangan dingin. Hasil editing naskah begitu menggembirakan. Ia berwawasan, rapi, bersih, sekaligus cekatan. Beberapa hal yang dibutuhkan dalam dunia perbukuan.

Kejutan ketiga, kami pun bertemu dengan layouter yang di kepalanya telah berskema buku! Ia tak kalah bersih dan rapi. Selain punya gagasan, kerjanya sangat-sangat cekatan. Maklum, sudah ratusan buku terbit lewat tangannya.

Kejutan keempat, desainer! Tanpa perlu banyak presentasi dan wanti-wanti, konsep cerita dalam naskah bisa ia terjemahkan ke dalam bentuk kover yang diinginkan. Hasilnya: karyanya berbicara!

Sejauh ini, itulah aset kami di Epigraf. Kami disokong orang-orang yang betul mumpuni dalam bidangnya. Pengalaman kerja bertahun lamanya dan bukan orang kemarin sore yang sedang coba-coba.

Kalau pun ada yang sedang kami coba-coba, paling tidak, kami sedang mencoba membantu orang-orang yang ingin berbagi cerita lewat buku. Karena kami percaya: semua orang punya cerita!

Maka kejutan terakhir, kini Epigraf dipercaya menangani seluruh pekerjaan editing dari sebuah penerbit.

Hidup ini penuh kejutan, bukan?

Bandung, 10 Maret 2016

Salam,

― Kang Epi ―
[sep merangkap kerani di epigraf.id]

 

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail