Alaya – Cerita dari Negeri Atap Dunia

Travel Narrative
Daniel Mahendra
Rp 89.900

Penyunting: M. Iqbal Dawami
Pengatak: Endang Dedih
Perancang Sampul: Leinad Ardneham

Penerbit: Sequoia
Tahun Terbit: 2016
Ukuran: 13 x 20 cm
Hal: 428
ISBN: 978-602-74319-8-0

…suatu hari, ketika aku berhasil mewujudkan mimpiku pergi ke Tibet, serta merta Tante Nike mengucapkan selamat. Namun, ada kalimatnya yang membuatku terkelu dan tumpat tak bisa berkata apa-apa.

Dia berkata, “Puluhan tahun kamu mimpi pergi ke Tibet. Sampai akhirnya kamu bisa pergi ke Tibet. Kamu memperjuangkan apa yang sudah jadi impian kamu. Aku salut.” katanya. “Tapi, di mataku kamu tetap belum berhasil.”

“Maksudmu?!” tanyaku terkesiap. Seolah tak terima dengan kata-katanya.

“Kamu memutuskan berani mewujudkan mimpimu, tapi kamu nggak berani memutuskan menikah!”

“Hei, itu sesuatu yang berbeda.” kataku menyanggah.

“Sama saja. Ini soal keberanian.”

Tahukah kamu, Sekala, ketika mendangar itu, rasa-rasanya seluruh perjalananku ke Tibet tak ada artinya apa-apa. Sia-sia! Seperti sedang mempersiapkan sebuah pesta besar di tempat terbuka, lantas tiba-tiba hujan tumpah ke bumi tanpa permisi. Lebih parah lagi: betapa Tante Nike betul!

Dulu, aku pikir pernikahan adalah sebuah stasiun. Ujung dari seluruh rangkaian jalur rel kereta api. Ternyata aku keliru. Rupanya pernikahan seperti halnya hidup itu sendiri. Ia laksana kereta api. Kalau pun berhenti di sebuah stasiun, ia akan tetap kembali berjalan. Lagi dan lagi.

Kembali kurenungkan dalam-dalam kalimat Tante Nike tersebut. Sialnya, lagi-lagi dia betul. Alangkah malu memutuskan berani mewujudkan mimpi, tetapi tak berani mengejawantahkan makna perjalananku dalam kehidupan sehari-hari. Apa artinya pergi sebegitu jauh namun tak berani memutuskan menikah di usia 36 tahun?

——————————————————-

“Alaya – Cerita dari Negeri Atap Dunia”. Sebuah memoar perjalanan Daniel Mahendra saat bertualang ke Cina, Tibet, Nepal, hingga Gunung Everest. Sebuah kisah yang ia dedikasikan bagi Sekala―anak lelakinya, juga untuk orang-orang yang berani mewujudkan mimpi masa kecilnya.

——————————————————-

Ketika membaca naskah buku ini, saya tenggelam dan merasakan menjadi bagian dari paragraf demi paragrafnya. Saya merasakan tersedot ke detail-detail yang ditulis Daniel, mengalir deras menantang untuk diarungi. Saya membayangkan sebagai pelakunya.

Gol A Gong
Travel Writer, Pendiri Rumah Dunia

——————————————————-

Tak jarang pada saat membaca, saya langsung larut ke dalam kisah yang dirawikannya. Apa yang dikisahkan tidak ada jarak lagi dengan saya yang membacanya; manunggaling kawulo lan cerito. Jika penulisnya diibaratkan imam salat, maka saya adalah makmumnya. Kemana dia melangkah, saya turut mengikutinya. Apa yang dia rasakan dan pikirkan, saya pun turut merasakan dan memikirkannya. Ketika dia menangis pada saat ditimpa (ditempa) ujian, saya pun ikut menangis. Pun sebaliknya, pada saat dia tertawa lantaran mengalami hal lucu, saya pun ikut terbahak-bahak. Kampret tenan penulis ini. Masya Allah.

―M. Iqbal Dawami
Editor buku “Alaya – Cerita dari Negeri Atap Dunia”, penulis, trainer penulisan.

——————————————————

Buku ini dapat dipesan melalui:

SUDURY SEPTA MARDIAH
SMS / WA: 0857-2128-6339

PUSTAKA TROPIS WANADRI
Jl. Batik Jonas No. 11
Sukaluyu – Bandung – Jawa Barat
Email: tokobukupustakatropis@gmail.com
Line: @vfd8584p (gunakan ‘@’)
Telp/SMS/WA: 0822-2020-0155

epigraf.id
penganyamkata.net

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail