Daniel Mahendra

Daniel Mahendra―biasa dipanggil DM. Ia menulis cerpen, novel, puisi, esai, jurnalistik, biografi, self-improvement, how-to, travel narrative, juga skenario film.

Bukunya yang telah terbit sekitar 28 judul. Beberapa di antaranya: Selamat Datang di Pengadilan (kumpulan cerpen, 2001), Epitaph (novel, 2009), Perjalanan ke Atap Dunia (travel narrative, 2012), Niskala (novel, 2013), 3360 (novel, 2014), Rumah Tanpa Alamat Surat (kumpulan cerpen, 2016), Pseudonim (novel, 2016), dan Alaya – Cerita dari Negeri Atap Dunia (travel narrative, 2016). Pencapaiannya dalam berpuisi, sekadar pernah dimuat di majalah sastra Horison.

Pernah bekerja sebagai wartawan di beberapa tabloid, koran, serta majalah. Lantas berdeging menjadi editor di sejumlah penerbit. Dalam kerja editing, DM telah menyunting ratusan judul buku, termasuk karya-karya Pramoedya Ananta Toer.

Di Bandung, DM sempat mendirikan Pramoedya Institute, Penerbit Malka, Perpustakaan Malka serta Toko Buku Malka yang kesemuanya saat ini telah lagi “almarhum”. Setelah merasakan tinggal di beberapa kota, kini DM memilih kembali menetap di Bandung sembari menulis. Meski hari-harinya disibukkan dengan setumpuk pekerjaan penerbitan, ia tetap bercita-cita bisa keliling dunia menggunakan kereta api.

Sesekali DM bisa disapa di:
Facebook: bukudanielmahendra
Twitter: @penganyamkata
Website: www.penganyamkata.net

 

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail