Gol A Gong

Gol A Gong, lahir di Purwakarta, 15 Agustus 1963. Sebelum menerbitkan novel Balada Si Roy yang sukses dan telah dicetak lebih dari 300.000 kopi, sejatinya Gong adalah penulis puisi. Ratusan judul buku telah terbit lewat tangannya. Beberapa di antaranya adalah kumpulan puisi.

Ia pernah tercatat sebagai wartawan tabloid Warta Pramuka. Kemudian bekerja di tabloid Karina. Sempat juga menjadi reporter freelance di beberapa media massa. Gong pun menulis skenario TV. Pernah bekerja di Indosiar, lantas hijrah ke RCTI sebagai senior creative. Beberapa novelnya telah diangkat ke layar kaca.

Bersama istrinya, Tias Tatanka, dan dibantu sahabat-sahabatnya, ia mendirikan komunitas baca Rumah Dunia di Ciloang, Serang, Banten. Menurutnya, pembentukan komunitas ini merupakan investasi jangka panjang yang tak ternilai harganya di Banten. Kegiatan “wisata” bagi anak-anak, yaitu wisata baca, wisata do-ngeng, wisata teater, wisata mengarang, wisata gambar, dan wisata studi. Sedangkan bagi pelajar dan mahasiswa berupa “gempa literasi”, yaitu pertunjukkan seni, bazaar buku, pelatihan menulis, aneka lomba literasi, diskusi kebudayaan, launching dan bedah buku. Bersama para relawan, Gong A Gong ingin melakukan dekonstruksi sosial di Rumah Dunia.

 

Facebooktwittergoogle_pluspinteresttumblrmail